![]() |
| sumber : |
Saya mau berbagi mengenai pengalaman saya dengan satu mata pelajaran, yang bisa dibilang "amat sangat saya benci" ya bahasa inggris, sama satu lagi sih penjaskes...
saya mau cerita mengenai pelajaran penjaskes dulu ah.. hehe
Konon, saya adalah bayik yang motoriknya tidak begitu bagus, katanya selama bayi saya tidak bisa tengkurep sendiri dan saya baru bisa jalan di usia kira-kira 18 bulan, Alhamdulillahnya ibu-ibu waktu itu tidak ada internet dan dunia persosmedan yang kadang membuat emak-emak selalu ketar-ketir dengan perkembangan buah hati, belum inilah, belum itu, gak boleh ini, gak boleh itu semua informasi begitu luas tersedia. Ibu saya hanya bersabar menunggu saya bisa jalan sendiri.. :D Makanya sekarang saya santai kalau ada pertanyaan "kenapa Amira belum bisa jalan?" lha wong saya aja baru jalan 18 bulan, haha dan ternyata suami saya juga baru bisa jalan 18 bulan. *eh bukan ini yang mau saya ceritakan sebenarnya :(*
Nah, saya begitu lemah di pelajaran penjaskes.. dan FYI saya baru bisa naik sepeda kelas 6 SD, itupun tidak sengaja bisa :D.
Setiap ada pelajaran penjaskes saya jadi gak doyan makan, saya selalu demam kalau ada pelajaran penjaskes. Pada waktu itu guru penjaskes saya perempuan (semoga Alloh menjaganya dalam kebaikan). Tidak tahu kenapa saya sebeeeel banget sama ibunya, padahal mungkin ibu guru saya itu gemes tidak ketulungan karena saya tidak bisa ini itu. Saya pun jadi korban bulliying karena teman-teman saya tidak mau dijadikan satu group sama saya kalau ada permainan kasti (karena saya target empuk buat dilempar bola, dan bikin kalah) :D. Pengalaman yang tidak saya lupakan adalah waktu pelajaran lompat tinggi, setiap saya lari menuju tiang lompat tinggi itu pasti saya reflek berhenti, begittuuuu terus sampai 10 kali. Ibu guru marah-marah karena waktu habis hanya untuk nungguin saya berani lompat dan tetap tidak bisa sampai akhir pelajaran :D. Air mata saya tumpah ruah kala saya jadi bahan ketawaan, saya marah sama diri saya waktu itu kenapa saya begitu penakut. Sayapun kadang pengen ngomong sama mereka, "Gak bisa olah raga gak bikin kita mati, dan gak bikin kita miskin" wkwkwkwk anak sekecil itu udah mikir kayak gitu. Dan hari-hari menyebalkan dengan hari pelajaran olah raga terus saya jalani sampai lulus SMA *hahaha*, dan banyak pengalaman menggelikan mengenai pelajaran olah raga yang saya alami sih sebenarnya. Nah untuk mengimbangi nilai praktek olahraga, biasanya saya belajar dengan keras di teorinya, pas SD setiap kali ujian penjaskes saya selalu dapat nilai 90 ke atas, disaat yang lain tidak dan apa yang dikatakan ibu guru saya waktu memberikan nilai ujian ke saya? "Penjaskes itu praktek, teori tidak penting". Saya mlipir aja.. wkwkwk
Nah, yang kedua adalah bahasa Inggris. hmmm... *menghela nafas dulu *
Kalau tidak salah ingat saya baru dapat pelajaran ini kelas 6 SD, waktu pertama belajar pelajaran ini saya begitu antusias karena ini adalah hal baru buat saya.. dan Bapak guru waktu itu maklum dengan pengucapan (pronunciation) dari saya yang awut-awutan. Hingga SMP pun saya masih enjoy dengan pelajaran ini, saya masih suka dengan pelajaran tenses dan grammar yang menurut saya seru untuk dipelajari. Hingga Negara SMA menyerang, huhuhu
waktu kelas X ada ibu guru yang sudah agak sepuh punya tradisi setiap pelajaran bahasa inggris menyuruh siswa-siswanya maju kedepan untuk membaca dalam bahasa inggris. saya sudah panas dingin karena saya susah banget baca inggris, dan ketakutan saya itupun terbukti.
Disuruhlah saya maju dan membaca, eng ing eng saya belepotan bacanya, pokoknya jelek banget. Tau gak sih? Ibuknya maaraaaah... hikshiks.. bilang begini "kamu ini parah banget bacanya, biasanya saya kasih nilai D untuk orang yang gak bisa baca, kamu saya kasih nilai K (dibawahnya D), kamu pasti orangnya dimanja sama orang tua kamu, bla-bla-bla..) saya tidak mendengar karena saya sudah menangis *maapkeun saya emang cengeng* nah, ibunya kog bisa menyimpulkan dengan tepat bahwa saya dimanja sama ibuk saya ya? hehe. Mungkin nanti perlu diteliti hubungan antara dimanja vs pronounciation jelek pakai analisis statistik biar lebih meyakinkan. hehehe Nah itu berlangsung sampai kelas tiga,ya karena masa SMA mungkin waktu buat bisa berkomunikasi aktif dengan bahasa inggris, jadi emang mau gak mau harus bisa ngomong inggris (tapi saya tetep gak bisa). Saya ingat betul guru kelas tiga saya sampai gemes bilang gini "duh mbaaak, guru bahasa inggris kamu siapa sih?" (padahalkan ibunya sendiri guru saya). Waktu ujian praktek saya juga ingat, waktu saya disuruh pengalaman yang sangat berkesan saya cuma bilang "there is earthquake and I cry then run away" terus ibunya bilang then? teruusss, saya cuma diem dong gak bisa ngomong terus saya disuruh keluar ruangan.. *terharu*
Hal-hal menggelikan juga sampai waktu kuliah, ada dosen yang nyelethuk begini "oh diklaten itu somebody itu "somebody" (salah pronounciation). hehehe
Nah itulah, saya juga bingung.. kenapa bisa payah banget.. saya sekarang bahagia banget, sudah tidak bersinggungan dengan dua pelajaran itu.. hehe sampai suami bilang "Mi belajar toefl ya, barangkali ada rizki buat sekolah lagi" waaaa.. langsung mbrebes mili...
ya kan tugas istri hanya taat kan ya.. oke dicoba semampu saya, yang penting jangan disuruh ngomong. titik. :D :D
Saya lagi mikirin gimana mensugesti anak-anak kelak, buat percaya diri, jangan dengerin apa kata orang, setiap orang tidak sempurna, dan jadi orang baik.
Jangan meremehkan orang, jangan ngetawain kalau orang gak bisa, karena sangat menyakitkan lho rasanya, bahkan saya masih ingat rasanya sampai sekarang.. hohoho
Oke, jadilah orang baik, berbuatlah baik semampumu... selagi bisa..


0 comments:
Post a Comment